Info Pondok
Monday, 04 Mar 2024
  • SELAMAT DATANG DI PONDOK

Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad. SAW

Diterbitkan : - Kategori : Uncategorized
Isra’ Mi’raj merupakan sebuah peristiwa agung yaitu Allah SWT memberikan keistimewaan kepada Nabi Muhammad SAW untuk melaksanakan perjalanan mulia bersama malaikat Jibril. Di mana perjalanan ini merupakan perjalanan dari Masjidil Haram Makkah menuju Masjidil Aqsha Palestina.

Kemudian dilanjutkan dari Masjidil Aqsha menuju Sidratul Muntaha untuk menghadap Allah SWT. Adapun sebagaimana firman Allah dalam surat Al Isra Ayat 1:

 سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

Artinya: “Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjid Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kedepannya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat”. 


Ada beberapa makna penting yang dapat kita ambil dan ketahui dari peristiwa Isra Miraj. Berikut ini di antaranya:

1. Kemuliaan serta Keistimewaan Nabi Muhammad SAW

Seperti diketahui Nabi Muhammad SAW baru mengalami banyak sekali hal yang menyedihkan seperti wafatnya Sayyidah Khadijah sebagai istri tercintanya serta wafatnya pamannya Abu Thalib yang melindunginya dari kekejaman kaum Quraisy. Allah SWT pun ingin menguatkan hati Nabi dengan melihat secara langsung kebesaran Allah SWT sehingga hati Nabi bisa semakin mantap serta teguh dalam menyebarkan agama Islam.

2. Kewajiban dari Salat lima waktu

Dijelaskan bahwa Nabi melakukan Isra Miraj dengan ruh dan jasadnya sebagai mukjizat sehingga menjadi sebuah keharusan bagi setiap muslim untuk menghadap (mi’raj) kepada Allah SWT lima kali sehari dengan jiwa serta hati yang khusyu karena seseorang akan merasa diawasi oleh Allah SWT.

3. Membela perjuangan agama

Seperti kita ketahui pada Isra Miraj terdapat dua masjid yang disebutkan yaitu Masjidil Haram dan Masjidil Aqsha. Dimana memberikan pengajaran bagi kita bahwa Masjidil Aqsha merupakan bagian dari tempat suci umat Islam sehingga harus membela masjid tersebut dan sekelilingnya sama halnya seperti membela perjuangan agama.

4. Perjalanan pertama luar angkasa

Dalam sejarahnya perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha hingga Sidratul Muntaha merupakan perjalanan pertama manusia di dunia menuju luar angkasa serta perjalanan kembali menuju bumi dengan selamat. Sehingga menjadi pengajaran penting bagi umat Muslim agar mandiri, belajar, serta bangkit, dan meningkatan kemampuan tidak hanya agama, tetapi juga berbagai hal salah satunya sains.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar